RPP PANTUN KELAS XI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SEKOLAH :
MA DARUL ULUM
MATA PELAJARAN/KELAS :
BAHASA INDONESIA/XI
SEMESTER : I (GANJIL)
MATERI POKOK
: TEKS PANTUN
PERTEMUAN :
1 DAN 2
ALOKASI WAKTU
: 4 X 45 MENIT
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku tanggung jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
B. KOMPETENSI DASAR
1.2 Mensyukuri
anugearah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan
dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film atau drama.
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat pantun mengenai permasalahan
sosial, lingkungan. Ideologis, dan kebijakan publik.
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks pantun, baik melalui lisan maupun tulisan.
3.1.1 Mengetahui
struktur isi teks pantun.
3.1.2 Mengetahui ciri
bahasa teks pantun.
C.
INDIKATOR
4.1
Menginterpretasi makna teks pantun, baik secara lisan maupun tulisan.
4.1.1 Memahami isi teks pantun
4.1.2 Menginterpretasi ciri bahasa dalam teks pantun.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik dapat mengetahui
struktur isi teks pantun
2.
Peserta didik dapat mengetahui
ciri bahasa teks pantun
3.
Peserta didik dapat
memahami isi teks pantun
4.
Peserta didik dapat memparafrasekan isi dalam teks pantun.
E. MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Struktur isi teks pantun
2.
Ciri bahasa teks pantun
3.
Isi teks pantun
4.
Parafrase teks pantun.
F. PENDEKATAN DAN METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan : Saintifik ( Pendekatan
ilmiyah )
Metode :
Diskusi, pemberian
tugas, dan presentasi.
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama dan kedua ( Minggu pertama )
PENDAHULUAN (15 menit)
1.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan guru yang
berhubungan dengan kesyukuran kepada Tuhan
2.
Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan yang akan dilaksanakan
3.
Peserta didik menerima
informasi tentang kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran
yang akan dilaksanakan
4.
Peserta didik menerima
pengarahan bahwa melalui topik pembelajaran ini agar dapat mengembangkan tanggung
jawab.
INTI (145 Menit)
Mengamati
1.
Peserta didik membaca
contoh teks pantun
2.
Peserta didik mencermati
uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak).
Mempertanyakan
1.
Peserta didik
mempertanyakan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak) yang dibaca dan
dicermati
2.
Peserta didik membuat
pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks pantun.
Mengeksplorasi
(menalar)
1.
Peserta didik membaca
teks pantun yang lain
2.
Peserta didik menemukan
struktur isi teks pantun (sampiran dan isi)
3.
Peserta didik menemukan
ciri bahasa teks pantun
4.
Peserta didik menentukan
makna/maksud isi teks pantun.
Mengasosiasi (mencoba)
1.
Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan
ciri bahasa teks pantun
2.
Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks pantun dalam diskusi kelas
dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
1.
Peserta didik membacakan
hasil diskusi tentang temuan
terkait dengan strukturisi dan ciri bahasa teks pantun
2.
Peserta didik
mempresentasikan makna/maksud teks pantun dengan rasa percaya diri
3.
Peserta didik menanggapi
presentasi teman/kelompok lain secara santun.
PENUTUP (20 Menit)
1.
Peserta didik dan guru
menyimpulkan materi pelajaran
2.
Refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilakukan
3.
Peserta didik menerima
tugas dari guru
4.
Peserta didik memimpin temannya berdoa untuk
mengakhiri pembelajaran dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
H. MEDIA DAN
SUMBER BELAJAR
Media:
1.
Prezi
2.
Lembar tugas permainan dan pembelajaran pantun.
Sumber belajar:
1.
Kosasih, Engkos.
2014. Buku Kretif Berbahasa Indonesia untuk SMK/SMA kelas XI. Jakarta:
Erlangga.
2.
Indah Y, Ani. 2012. Sastra Indonesia Pribahasa
Pantun Majas Puisi. Surakarta : Grafika Media.
I. PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN
TEKNIK
|
BENTUK INSTRUMEN
|
Observasi
|
Lembar
pengamatan sikap dan rubric
|
Tes
Tulis
|
1.
Soal tentang struktur isi teks pantun yang
telah dibaca
2.
Soal ciri Bahasa teks pantun yang telah
dibaca
|
Tes
lisan
|
Rambu-rambu
daftar pertanyaan
|
RUBRIK LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
NO
|
ASPEK
|
KRITERIA
|
||
BT
|
MT
|
MK
|
||
1
|
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia
|
|||
2
|
Menunjukkan
sikap tanggung
jawab dalam
menggunakan
bahsa Indonesia
|
BT : Belum Tampak
MT : Mulai Tampak
MK : Makin konsisten
RUPRIK PENILAIAN SIKAP
NO
|
ASPEK
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
1
|
Rasa syukur
atas
keberadaan
Bahasa Indonesia
|
·
Menunjukkan ekspresi atau ungkapan senang dan
kagum.
·
Menunjukkan
sikap yakin
dan bangga terhadap keberadaan
bahasa Indonesia.
·
Selalu menggunakan bahasa Indonesia secara tertib.
|
3
3
4
|
2
|
Kesantunan dalam
menggunakan bahasa Indonesia
|
·
Kalimat yang digunakan komunikatif
·
Pilihan kata yang digunakan
dalam diskusi
menggunakan kata-kata halus
seperti tolong,
saya harap, menurut pendapat saya, dsb.
·
Sebelum memberi tanggapan/menyela terlebih
dahulu meminta kesempatan kepada ketua kelompok/moderator
|
2
4
4
|
TEKS PANTUN
NO
|
ASPEK
|
DESKRIPSI
|
SKOR
|
1
|
Struktur Isi
|
a.
Menemukan
secara lengkap
struktur teks pantun disertai bukti dengan
lengkap
b.
Menemukan
secara lengkap
struktur teks pantun disertai bukti kurang lengkap
c.
Menemukan
struktur isi teks pantun tanpa disertai bukti.
d. Belum
menemukan
struktur isi teks pantun
|
4
3
2
1
|
2
|
Ciri- ciri
Kebahasaan
|
a.
Menemukan
secara lengkap
ciri kebahasaan
teks pantun disertai bukti dengan
lengkap
b.
Menemukan
secara lengkap
ciri kebahasaan
teks pantun disertai bukti kurang lengkap
c.
Menemukan
ciri kebahasaan
teks pantun tanpa disertai bukti
d.
Belum menemukan
ciri kebahasaan teks pantun.
|
4
3
2
1
|
3
|
Ringkasan
|
a.
Ringkasan lengkap
unsur intinya sesuai teks aslinya
b.
Ringkasan
mencakup sebagian besar
inti
sesuai teks
aslinya
c.
Ringkasan
kurang menggambarkan
isi teks
aslinya
d.
Ringkasan tidak menggambarkan
isi teks
aslinya.
|
4
3
2
1
|
Teknik
penilaian:
1.
Penilaian proses atau pengamatan
2.
Tertulis
3.
Lisan.
Bentuk
Instrumen:
1.
Tes lisan:
a.
Sebutkan pengertian
pantun!
b.
Sebutkan struktur isi
teks pantun!
c.
Sebutkan ciri bahasa teks
pantun!
3.
Tes tertulis:
Di tepi kali saya menyinggah
Menghilangkan penat menahan jerat
Orang tua janganlah disanggah
Agar selamat dunia akhirat
a.
Sebutkan struktur isi
teks pantun di atas!
b.
Sebutkan ciri bahasa teks
pantun di atas!
c.
Sebutkan isi teks pantun di
atas!
Penilaian Proses/Pengamatan:
NO
|
NAMA
|
PRILAKU
YANG DIAMATI DALAM PROSES PEMBELAJARAN
|
||||
Menghargai
orang lain
|
Disiplin
|
Aktivitas
|
Kerjasama
|
Komunikasi
|
||
1
2
3
4
5
Dst
|
Keterangan:
Skala
penilaian dibuat dengan rentangan 1 s/d 5
SKOR
|
PENAFSIRAN
ANGKA
|
1
|
Sangat
kurang
|
2
|
Kurang
|
3
|
Cukup
baik
|
4
|
Baik
|
5
|
Sangat baik
|
Penilaian
Tes Tertulis:
ASPEK
|
SKOR
|
Siswa
menjawab benar semua
|
4
|
Siswa
menjawab benar 3
|
3
|
Siswa
menjawab benar 2
|
2
|
Siswa
menjawab benar 1
|
1
|
Skor
maksimal
|
4
|
Keterangan:
Skor yang di peroleh
Nilai akhir = -----------------------------
x 100
Skor maksimal
Mengetahui,
Kepala MA Darul Ulum
Abdullah
Shobri, M. Pd
NIP. 1961 1005 1998 01 1021
|
Guru Mata Pelajaran
Naimatul Jannah, M.Pd
|
Komentar
Posting Komentar